Program ini merupakan program pelatihan perhotelan yang menghasilkan tenaga professional tingkat dasar (level 3) sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Untuk memastikan lulusan yang dihasilkan memiliki kualifikasi level 3 sesuai SKKNI, digunakan kurikulum yang merujuk kepada SKNNI dan digabung dengan masukan dari IDUKA (Industri, Dunia Usaha, dan Kerja). Program pelatihan professional satu tahun ini terdiri dari kegiatan pelatihan di NCL Madiun (off the job training) selama satu semester, dan kegiatan pelatihan di tempat kerja (on the job training) pada semester berikutnya. Pengalaman belajar yang menyenangkan dengan materi yang berkualitas disajikan dalam pelatihan yang mengedepankan porsi pelatihan praktik yang lebih besar dibandingkan pelatihan teori (70:30). Dengan komposisi pelatihan teori dan praktik yang diatur sedemiakian rupa, dukungan instruktur yang professional, training material yang berkualitas, serta sarana dan prasarana dengan kualitas terbaik, menjadikan program ini menghasilkan tenaga-tenaga professional yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan global.
Guna mempersiapkan peserta didik yang unggul dan terampil maka kegiatan pelatihan di NCL Madiun (off the job training) selama satu semester akan dibagi menjadi seperti berikut:
KEGIATAN PEMBELAJARAN MOVER (2 BULAN)
Kegiatan ini difokuskan pada pengenalan tentang apa itu dunia perhotelan dan bagaimana menjadi seorang hotelier yang baik. Para peserta didik akan dipusatkan pada pengenalan seluruh istilah dasar dalam dunia hotel dan mengenal pribadi peserta didik masing-masing sehingga dapat memilih departemen yang tepat yang akan diambilnya pada masa Vantage. Mata pelajaran yang diambil peserta didik NCL Madiun pada masa Mover ini adalah:
-
- Introduction to Food & Beverage Service
- Introduction to Housekeeping
- Introduction to Front Office
- Bahasa Inggris
Setelah melalui tes minat dan bakat, peserta didik akan diarahkan untuk masuk program Vantage.
KEGIATAN PEMBELAJARAN VANTAGE (4 BULAN)
Kegiatan ini difokuskan pada pendalaman materi departemen yang terpilih. Para peserta didik akan dipusatkan pada seluruh materi inti departemennya sesuai dengan kurikulum yang merujuk kepada SKNNI dan digabung dengan masukan dari IDUKA (Industri, Dunia Usaha, dan Kerja). Ada pun rincian departemen yang dapat dipilih oleh peserta didik setelah lolos tes minat bakat adalah:
A. Program Food & Beverages Service
Program Food and Beverage Service adalah program pelatihan profesional yang memfokuskan peserta didiknya di bidang tata hidang. Program ini dirancang untuk mencetak tenaga profesional dengan penguasaan skill, knowledge, dan attitude di bidang food and beverage services.
Materi yang akan diajarkan diantaranya adalah restaurant service, room service, bartending, coffee, dll. Lulusan dari program ini akan siap menjadi tenaga kerja di hotel, restoran, dan bidang pelayanan makanan dan minuman lainnya.
Profil pekerjaan dari lulusan program ini adalah menjadi waiter, barista, bartender, pemilik katering, pemilik restoran/café/tempat makan, food vlogger, manajer F&B, head bar
B. Program Housekeeping
Program Housekeeping adalah program pelatihan profesional yang memfokuskan peserta didiknya di bidang tata graha. Program ini dirancang untuk mencetak tenaga profesional dengan penguasaan skill, knowledge, dan attitude di bidang housekeeping.
Materi yang akan diajarkan diantaranya adalah Room Area Cleaning, Public Area Cleaning dll. Lulusan dari program ini akan siap menjadi tenaga kerja di hotel dan bidang jasa kebersihan lainnya.
Profil pekerjaan dari lulusan program ini adalah menjadi executive housekeeper, pemilik jasa laundry, supplier peralatan kebersihan, supplier cleaning chemical, garden specialist, pemilik jasa cleaning service.
C. Program Front Office
Program Front Office adalah program pelatihan profesional yang memfokuskan peserta didiknya di bidang kantor depan. Program ini dirancang untuk mencetak tenaga profesional dengan penguasaan skill, knowledge, dan attitude di bidang front office.
Materi yang akan diajarkan diantaranya adalah Concierge, Guest Relation Officer, Telephone Operator, Front Desk Agent, Reservation dll. Lulusan dari program ini akan siap menjadi tenaga kerja di hotel dan bidang resepsionis lainnya.
Profil pekerjaan dari lulusan program ini adalah menjadi telephone operator, night auditor, guest relation officer, front office admin, front desk agent, pemilik agen travel, manajer Front Office.
MENGAPA HARUS MEMILIH PROGRAM REGULER (1 TAHUN)?
Pada dasarnya program reguler memiliki prinsip sebagai berikut: singkat, cepat, dan kompeten. Seluruh komponen pembelajaran di program reguler dirancang untuk peserta didik menempuhnya secara singkat (12 bulan saja). Program reguler juga dikemas dengan penyampaian sederhana sehingga peserta didik cepat mendapatkan skill yang dibutuhkan IDUKA. Selain itu, setelah menempuh kegiatan pembelajaran, peserta didik wajib mengikuti uji kompetensi sehingga kualitas lulusan NCL Madiun dapat disebut lulusan yang kompeten.
Lalu, apa saja alasan lain yang membuat calon peserta didik harus memilih program ini:
-
- Fasilitas pembelajaran yang lengkap sesuai dengan standar Industri
- Instruktur berpengalaman dan berkompeten dibidangnya masing
- Sistem praktek menggunakan standart pelayanan bintang 5
- Memiliki asrama dan pembelajaran bahasa Inggris untuk peserta asrama
- Kurikulum yang selalu terbaru dan sesuai dengan kebutuhan IDUKA
- Program on the job training dalam dan luar negeri
- Miliki NCL Career Center yang membantu alumni untuk bisa bekerja baik dalam dan luar negeri (hotel dan kapal pesiar) pasca melaksanakan kegiatan on the job training