NCL Madiun, September 2020 – INOVASI! Kata itulah yang mendasari NCL Madiun untuk terus memperbarui dan meningkatkan layanan terhadap sistem dan program pendidikan, semuanya fokus pada satu hal yang selalu menjadi prioritas. KUALITAS!. Dalam hal ini tentu saja kualitas untuk seluruh mahasiswa dan juga alumni yang berada di bawah naungan NCL Madiun. Oleh sebab itu, dalam media publikasi informasi ini akan diuraikan beberapa hal penting yang harus diketahui, terutama bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program pendidikan dan pelatihan kerja di NCL Madiun, mulai tahun angkatan 2020.
PERIODE PENDAFTARAN
Kemudahan layanan pendaftaran kini semakin diperluas dengan pembaruan sistem penerimaan mahasiswa baru. Bagi calon peserta program pendidikan dan pelatihan yang telah memenuhi persyaratan, bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas pembelajaran di NCL Madiun tanpa harus menunggu jadwal masuk, tanpa harus memikirkan ingin masuk di gelombang berapa. Lalu bagaimana dengan kondisi calon mahasiswa yang masih duduk di bangku kelas 12?
Ditemui di ruang kerjanya, Bapak Budi yang menjabat sebagai Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru menjelaskan “Ya kalau masih sekolah, otomatis harus menunggu lulus dulu. Setelah lulus, baru kemudian bisa melanjutkan di NCL Madiun. Namun untuk yang sudah tidak ada kegiatan di sekolah alias sudah lulus dan ingin segera masuk kelas di NCL Madiun, kita punya sistem baru yang semakin inovatif. Jika sebelumnya kan ada gelombang 1 dan gelombang 2, sekarang sudah tidak ada”
TONTON JUGA : SIMULASI STANDAR PROTOKOL KESEHATAN DI NCL MADIUN
SISTEM ADMINISTRASI
Tidak hanya dari sistem penerimaan mahasiswa baru, fitur kemudahan juga ditingkatkan dari sisi administrasi. Ditemui di sela-sela kegiatan kerja, Ibu Meynda yang menjabat sebagai staff administrasi menjelaskan “Alhamdulillah, ini juga berkat masukan dari banyak pihak. Sekarang biaya pendidikan di NCL Madiun bisa di nego, jika sebelumnya kita punya aturan biaya daftar ulang sebesar Rp. 6 juta rupiah, dengan sistem yang baru ini kita ingin supaya semua orang bisa punya kesempatan yang sama untuk bisa menikmati manfaat dengan adanya NCL Madiun ini.
Kalau untuk mahasiswa aktif, saat ini kami sudah mengaktifkan layanan administrasi mahasiswa dalam sebuah aplikasi yang nantinya, baik orangtua maupun siswa dapat memanfaatkan kemudahan teknologi yang terintegrasi dengan sistem kami. Mohon doanya saja, semoga niat baik ini selalu diberikan kemudahan dan kelancaran”
KELENGKAPAN FASILITAS
Berbagai peningkatan dan pembaruan yang dihadirkan oleh NCL Madiun tidak serta merta membebankan calon mahasiswa atau pun mahasiswa aktif terlebih dari pihak orangtua soal administrasi.
Selain menjelaskan tentang peningkatan dari sisi layanan administrasi, Ibu Meynda juga menambahkan “Biaya tetap, sama, bahkan bisa di nego, tapi fasilitas untuk mahasiswa kita tambah, ruang praktek, alat praktek, kelengkapan fasilitas dalam kelas, bahkan sampai ke layanan TUK dan BKK semua kita tingkatkan”.
TONTON JUGA : SEPERTI INILAH FASILITAS & RUANG PRAKTEK NCL MADIUN
PROGRAM PENDIDIKAN
Sedangkan dari sistem pembelajaran maupun program pendidikan, Bapak Fajar Firmansyah sebagai staff humas di NCL Madiun menerangkan “Sebenarnya kan ini rangkaian dari tema kita Chasing The New Height yang kita sampaikan 2 tahun lalu, memang pada awalnya kami sendiri juga merasa punya tantangan untuk bisa mewujudkan itu, apalagi semuanya juga bertahap.
Karena kita ingin publik atau masyarakat ,dalam hal ini mahasiswa aktif yang ada di NCL Madiun, juga orangtua dan mitra kerjasama kami bisa merasakan dan membuat kesimpulan sendiri, seperti apa NCL Madiun itu tanpa kita harus banyak melakukan publikasi. Promosi dan sosialisasi kita ke masyarakat tetap sekolah perhotelan & kapal pesiar, program pendidikan praktis, siap kerja, kan cuma itu, tidak ada pemanis promosi lain seperti lembaga sebelah, karena kita percaya, ada hal yang memang bisa kita sampaikan ke publik, ada juga yang tidak. Nah yang tidak ini yang jadi senjata rahasia kita dan jumlahnya banyak sekali.” Tidak puas dengan jawaban yang diberikan oleh Bapak Fajar Firmansyah, tim redaksi mencoba menggali informasi lebih dengan harapan bisa mendapatkan sedikit bocoran
“Yang jelas kita sedang menerapkan sebuah program sesuai mandat dari Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan, dengan tujuan atau hasil akhirnya, alumni atau lulusan kami nanti yang dicari untuk kebutuhan du/di (Dunia Usaha/Dunia Industri), bukan lagi mencari, sederhananya, lulusan NCL Madiun nanti sudah tinggal memilih saja, mau kerja dimana. Enak kan?”
SEMANGAT OPTIMISME
Tak lengkap rasanya jika rangkaian informasi yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan tersebut tidak disempurnakan oleh komentar dari pimpinan NCL Madiun. Sayangnya Bapak Pimpinan dengan kesibukan tugas dan kerjanya, sulit untuk ditemui tim redaksi di kampus NCL Madiun.
BACA JUGA : 8 TIPS PENTING SEBELUM MEMILIH PERHOTELAN & KAPAL PESIAR
Oleh karenanya, melalui diskusi yang dilakukan lewat jalur telepon, tim redaksi yang saat itu tersambung dengan Bapak Soedarto sebagai pimpinan NCL Madiun memberikan keterangan, “Prioritas kami yang utama saat ini adalah membuat, menerapkan dan menjalankan sistem pembelajaran, kegiatan pendidikan dan semua yang berhubungan dengan mekanisme akademik melalui standar protokol kesehatan.
Kami semua bersatu dalam koordinasi dengan berbagai instansi, baik itu Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Keimigrasian, Dinas Kesehatan, Pemerintah Kota Madiun sampai ke tingkat provinsi Jawa Timur dalam semangat optimisme untuk terus berupaya sedemikian rupa memberikan kesempatan bagi mahasiswa kami khususnya dan masyarakat pada umumnya, bahwa memang Pandemi Covid-19 ini berdampak pada banyak hal, namun tidak perlu khawatir, karena kami sudah menemukan formula yang Insya Allah efektif memberikan kepastian solusi terhadap kebutuhan tenaga kerja di bidang perhotelan dan kapal pesiar, mohon doa nya saja.” Selesai
Leave a Reply
Your email is safe with us.