• HOME
  • PROFIL
  • PROGRAM
  • PPDB
    • Informasi Umum
    • Alur PPDB
    • Pendaftaran Online
    • Sistem Pendidikan
    • Persyaratan
    • Fasilitas Praktek
    • Dokumentasi
    • FAQ
  • PUBLIKASI
  • ALUMNI
  • ARTIKEL
  • KONTAK
Sekolah Perhotelan Kapal Pesiar Terbaik & TerfavoritSekolah Perhotelan Kapal Pesiar Terbaik & Terfavorit
Sekolah Perhotelan Kapal Pesiar Terbaik & TerfavoritSekolah Perhotelan Kapal Pesiar Terbaik & Terfavorit
  • HOME
  • PROFIL
  • PROGRAM
  • PPDB
    • Informasi Umum
    • Alur PPDB
    • Pendaftaran Online
    • Sistem Pendidikan
    • Persyaratan
    • Fasilitas Praktek
    • Dokumentasi
    • FAQ
  • PUBLIKASI
  • ALUMNI
  • ARTIKEL
  • KONTAK
Daftar Online

Uji Kompetensi Bidang Perhotelan Level 3 KKNI Kerjasama NCL Madiun Dengan LSK Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia

Uji Kompetensi Bidang Perhotelan Level 3 KKNI Kerjasama NCL Madiun Dengan LSK Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia

Uji Kompetensi Bidang Perhotelan Level 3 KKNI Kerjasama NCL Madiun Dengan LSK Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia

NCL Madiun, September 2020 – Kompetensi. Satu kata yang mungkin jarang terdengar namun punya arti dan makna penting, terutama bagi kita yang sedang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Biasanya kita lebih sering mendengar dengan sebutan “skill”, “kebisaan” atau “kemampuan”. Jadi, ketiga sebutan tadi sebenarnya punya arti yang sama dengan kompetensi. Menurut situs pendidikan.co.id, mengutip dalam salah satu artikelnya yang bertuliskan “kompetensi adalah suatu kemampuan yang dipunyai oleh seseorang di dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas pada bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya”

maka bisa disimpulkan, bahwa kompetensi adalah suatu keadaan dalam diri seseorang yang memiliki kebisaan, yang kemudian diaplikasikan dalam dunia kerja. Mutlak! Hal ini menjadi sorot perhatian yang tidak bisa diabaikan begitu saja, apalagi di tengah kompetisi mendapatkan posisi di dunia kerja. Kompetensi, menjadi hal yang sangat penting serta wajib ada dalam diri setiap calon pekerja.


Oleh karenanya, NCL Madiun sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan kerja yang terhubung langsung dengan dunia kerja maupun dunia industri, perlu memastikan semua peserta didik sebagai calon lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, tentu saja dalam hal ini kita mengarah spesifik dalam bidang “Hospitality Industry”, yaitu kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia, red) tenaga kerja di bidang perhotelan juga kapal pesiar.


Bekerjasama dengan LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi, red) Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia, NCL Madiun melaksanakan kegiatan uji kompetensi level 3 KKNI dengan dihadiri oleh tidak kurang dari 100 orang lebih peserta uji kompetensi. Tim redaksi yang kebetulan dilibatkan untuk membuat dokumentasi menyempatkan diri untuk mencari keterangan dari berbagai sumber terkait. Di pimpin langsung oleh Bapak Soedarto sebagai ketua pelaksana kegiatan menerangkan bahwa kegiatan uji kompetensi tersebut memang kegiatan rutin yang dilaksanakan NCL Madiun secara periodik.

Tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain agar lulusan NCL Madiun bisa memiliki nilai tambah dibandingkan dengan lulusan dari lembaga lain, selain itu beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan uji kompetensi ini juga mengaplikasikan permintaan dari mitra kerja NCL Madiun dalam hal penyaluran kerja. “Mitra kerja yang menampung lulusan NCL Madiun sangat puas dengan produktifitas lulusan NCL Madiun untuk membantu operasional, kami sering melakukan evaluasi sekaligus memfasilitasi kebutuhan para mitra kerja akan SDM siap kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka (mitra kerja, red) mereka memberikan testimoni kepada kami, kalau mereka sangat senang dengan perilaku dan juga efektifitas hasil kerja yang dihasilkan oleh lulusan NCL Madiun.

Baik secara “soft skill” maupun “hard skill”. Bahkan beberapa mitra kerja kami juga menempatkan kami dalam prioritas, tentu ini menjadi kebangaan untuk kita semua, di tengah kecemasan sulit mendapatkan pekerjaan, ternyata NCL Madiun masih menjadi prioritas”


Di tempat terpisah, Bapak Fajar sebagai staff humas NCL Madiun juga memberikan keterangan “Kalau kita berbicara data, dari daftar mitra kerja kami, baik di sektor perhotelan maupun kapal pesiar, setiap tahun itu sebenarnya kita di target untuk bisa memberikan sekurang-kurangnya 500 orang SDM siap kerja, sedangkan jumlah lulusan kita setiap tahun saja belum mencapai angka itu, oleh karenanya kita sedang berusaha untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi, terutama dari fasilitas penambahan jumlah kelas”.


Tidak hanya Bapak Soedarto dan Bapak Fajar, tim redaksi juga menyempatkan diri untuk menggali keterangan dari pihak lain yang juga hadir mengikuti kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan pada hari Rabu, 23 September 2020, di kampus NCL Madiun.


“NCL Madiun ini luar biasa keren! Saya sebagai master penguji atau pengawas dari LSK Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia, sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh NCL Madiun. Memang tidak banyak lembaga yang diberikan kewenangan untuk menjalankan kegiatan uji kompetensi seperti ini.

Yang pertama karena kegiatan uji kompetensi seperti ini harus dilaksanakan di TUK (Tempat Uji Kompetensi, red) yang sudah memiliki legalitas dan ijin resmi dan salah satu indikator untuk mendapatkan ijin tersebut adalah dengan memiliki kesiapan sarana dan media juga peralatan yang digunakan untuk uji kompetensi. NCL Madiun sudah lengkap, bahkan mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk TUK lain” Ujar Ibu Shenny Mahniati, S.Ap sebagai pengawas uji kompetensi dari LSK Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia.


Sementara itu, seluruh peserta uji kompetensi pun terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan uji kompetensi, apalagi dengan adanya kehadiran TIM SATGAS COVID NCL MADIUN menambah  suasana kegiatan uji kompetensi menjadi lebih aman dan nyaman dengan penerapan standar protokol kesehatan. Seperti yang disampaikan oleh Mas Siswanto sebagai ketua tim pengamanan, ketertiban dan kedisiplinan,

“Kita mendapatkan mandat sekaligus amanat dari dinas pendidikan dan dinas kesehatan kota Madiun untuk menjadi pelopor pelaksana standar protokol kesehatan, terutama dalam menjalankan kegiatan di lingkungan kampus. Pembentukan tim satgas ini awalnya dari inisiatif internal kami, kemudian disambut positif melalui rekomendasi dari berbagai pihak serta instansi juga masyarakat melalui hasil survey” – Selesai.


Bonus : Lampiran PDF Sebagai Materi Edukasi Sertifikasi KKNI Bidang Perhotelan

Berita Terkini

  • Mendapat Amanat Dari Dirjen Vokasi Kemendikbud, NCL Madiun Buka Program Akselerasi Siap Kerja..!!
  • BACA DULU! Persiapan Calon Mahasiswa Baru Yang Akan Masuk Di Tahun 2021
  • LAMAN PRESENSI DARING
  • Lulusan SMKN 1 Takeran Magetan Yang Mendunia Dengan Penghasilan 40 Juta Sebulan..!!
  • Uji Kompetensi Bidang Perhotelan Level 3 KKNI Kerjasama NCL Madiun Dengan LSK Perhotelan Kapal Pesiar Indonesia

Advertisement

Arsip

  • Desember 2020
  • November 2020
  • Oktober 2020
  • September 2020
  • Agustus 2020
  • Juli 2020
  • Juni 2020
  • Mei 2020
  • April 2020
  • Maret 2020
  • Februari 2020
  • Januari 2020
  • Desember 2019
  • November 2019
  • Oktober 2019
  • Agustus 2019
  • Juli 2019
  • Juni 2019
  • Mei 2019
  • April 2019
  • Maret 2019
  • Februari 2019
  • Januari 2019
  • November 2018
  • Agustus 2018
  • Juli 2018
  • Mei 2018
  • April 2018
  • Maret 2018
  • Februari 2018
  • Desember 2017
  • Oktober 2017
  • Agustus 2017
  • Juni 2017
  • April 2017
  • Maret 2017
  • Februari 2017
  • Januari 2017
  • November 2016
  • Oktober 2016
  • September 2016
  • Januari 2016
  • Desember 2015

Kategori

  • ARTIKEL
  • Berita Terbaru
  • Berita Terkini
  • Blog
  • Generasi Juang NCL Madiun
  • Info
  • Kabar Alumni
  • Lowongan Kerja Alumni NCL Madiun
  • Program
  • Publikasi
  • Uncategorized

Komentar Terbaru

  • Tika Purwanti pada Indah Qohhrrinur Widyoyanti: “teman-teman saya baru selesai acara wisuda, saya baru saja pulang dari Amerika dan mengumrohkan kedua orangtua”
  • NCL Madiun Admin pada Indah Qohhrrinur Widyoyanti: “teman-teman saya baru selesai acara wisuda, saya baru saja pulang dari Amerika dan mengumrohkan kedua orangtua”
  • Tika Purwanti pada Indah Qohhrrinur Widyoyanti: “teman-teman saya baru selesai acara wisuda, saya baru saja pulang dari Amerika dan mengumrohkan kedua orangtua”
  • NCL Madiun Admin pada Laurensius : “Awalnya Saya Tidak Percaya Gaji Orang Perhotelan Itu Tinggi! Dan Inilah Fakta Sebenarnya!”
  • NCL Madiun Admin pada Terbongkar! Rahasia Bekerja Di Kapal Pesiar Yang Tidak Pernah Disampaikan Ke Publik!

HALAMAN LAIN

> Profil NCL Madiun
> Sistem Pendidikan
> Syarat Pendaftaran
> Pendaftaran Online
> Kabar Alumni
> Alur PMB NCL Madiun
> Pengumuman Penerimaan Calon Peserta Didik Baru

KONTAK & INFORMASI

  • Jl. S. Parman 09-15 Kel. Sukosari Kec. Kartoharjo Kota Madiun Jawa Timur – Indonesia 63319
  • (0351) 466542
  • 083845238520
  • 081938830561
  • mail@nclmadiun.co.id
  • marketing.pr@nclmadiun.co.id
  • www.nclmadiun.co.id

Social Media Share

© 2021 · NCL MADIUN
Jogja Project Solution

  • REACH THE WORLD WITH US!