FRONT OFFICE adalah departemen kerja dalam hotel yang berfungsi sebagai pusat informasi yang berhubungan dengan apa saja yang terdapat di dalam sebuah hotel. Berada di area Lobby Hotel yang menjadi lingkungan tempat kerjanya, departemen Front Office ini memiliki banyak sekali tipe pekerjaan dengan berbagai profesi, diantaranya Resepsionis, Greeter, BellBoy, Customer Service, Concierge dan lain sebagainya.
Biasanya profesi yang paling identik dengan departemen ini adalah Respsionis atau biasanya juga disebut sebagai Front Desk Agent, seorang Hotelier (sebutan untuk orang-orang yang bekerja di bidang perhotelan, red) yang berprofesi sebagai seorang Resepsionis atau Front Desk Agent bertugas dalam hal pelayanan penjualan kamar hotel, baik yang langsung datang (Check in on Arrival) ataupun dengan sistem revervasi (Reservation Check In).
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa departemen kerja ini juga menjadi sumber atau pusat informasi yang ada di sebuah hotel, maka idealnya orang-orang yang memilih profesi ini adalah mereka yang lebih komunikatif, menyukai kegiatan pemasaran dan sedikit banyak terampil dalam bekerja menggunakan komputer dan aplikasinya.
Terlepas dari itu, bagi mereka yang memilih untuk bekerja di Departemen Front Office harus bisa bekerjasama dengan sesama staff dan karyawan lain untuk mencapai sebuah target kerja, diantaranya adalah meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel, meningkatkan jumlah tamu yang menggunakan fasilitas hotel (non-kamar) seperti penyewaan Ballroom dan keanggotaan Sport Club, memenuhi kebutuhan dan service kepada tamu dengan baik, tepat dan cepat, yang kesemuanya itu akan membentuk citra hotel menjadi positif, menaikan rating dan tingkat kepuasan tamu dari pelayanan yang diberikan oleh manajemen hotel tersebut.
foto dan ilustrasi : Alumni NCL Madiun
Komentar Terbaru