NCL Madiun, Juni 2021-Penghasilan terbesar dari sebuah hotel dan kapal pesiar adalah dari penjualan kamar dan penghasilan ke dua terbesarnya adalah dari penjualan makanan dan minuman. Nah, kali ini penulis akan membahas tentang departemen yang berhubungan dengan penjualan makanan dan minuman atau disebut dengan departemen Food and Beverage service. Adalah sebuah departemen yang bertugas untuk memberikan jasa pelayanan makan dan minum kepada para tamu hotel atau kapal pesiar yang dikelola secara profesional untuk memberikan kepuasan pelanggan serta mendatangkan keuntungan. berdasarkan jumlah bidang pekerjaan dan profesi yang terdapat dalam departemen ini, tidak salah jika departemen ini menjadi departemen kerja yang paling banyak diminati oleh calon-calon hotelier. Dan Jika kalian ingin masuk di departemen Food and beverage service, berikut ini beberapa istilah yang sering akan kita dengar di departemen ini.
-
Sequence of Service
Merupakan SOP pelayanan yang dimulai dari welcoming the guest (greeting dilanjutkan escorting), presenting the menu, taking order beverage (repeat order), serve the beverage, taking order food menu, serve the food to the guest, adjusting the table, offer the dessert menu, taking order dessert, serve the dessert selanjutnya melakukan billing sesuai dengan request tamu, dan standar by take care the guest.
Baca Juga : Kabar Alumni NCL Madiun Dari Provinsi Sumatera Utara Yang Sukses Berkarir di Bidang Perhotelan.
-
Waiter/Waitress
Adalah karyawan restoran hotel yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi para pelanggan hotel secara professional mulai saat pertama datang, sampai dengan tamu tersebut selesai makan. Sedangkan ditinjau dari istilahnya maka waiter/s berarti orang yang bertugas atau bekerja didalam bidang penyajian , dalam hal ini makanan dan minuman. Waiter/s merupakan suatu jabatan yang terdapat dalam berbagai outlet food and beverage department seperti restoran, room service, bar dan banquet.
-
Set up Table
Merupakan rangkaian kegiatan untuk mengatur dan melengkapi meja makan dengan peralatan makan dan peralatan penunjang lainnya sesuai jenis hidangan yang akan disajikan. Terdiri dari seperangkat peralatan yang rapi, bersih dan siap pakai yang terdiri dari chinaware (B&B plate dan tea cup dan saucer), silverware (sendok, garpu dan pisau), glassware (gelas), dan linen (moulton, table cloth dan napkin), yang disusun di atas meja lengkap dan rapi untuk satu orang.
-
Clear up
Proses pengambilan peralatan makan yang kotor setelah tamu selesai makan, seperti mengambil plate, glass atau cutleries yang sudah dipakai dan selesai digunakan tamu, sebelum clear up pastikan terlebih dahulu kepada tamu apakah sudah selesai.
Baca Juga : NCLovers Goes To Dubai
-
Polish
Adalah sebuah kegiatan mengelap dengan kain bersih dan steril segala plate dan glass atau peralatan makan lainnya yang sudah di cuci, sehingga tidak basah dan tidak ada spot (bercak air, red)
-
Room service
Atau biasa disebut dengan In-Room Dining, adalah bagian dari departemen Food and beverage service yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar. Yang membedakan kalau di kamar hotel pemesanan makanan dan minuman dilakukan via telpon (door knop menu, red) dan yang melayani disebut Room service , sementara kalau di restoran pemesanan bisa dilakukan secara langsung.
-
Folding Napkin
Adalah bentuk lipatan dari serbet yang biasanya diletakan diatas meja atau plate sebagai hiasan dan mempunyai bentuk penampilan yang indah dan menarik. Pada hakekatnya folding napkin ini dipergunakan untuk memberikan nilai lebih kepada tamu. Penataan dan dekorasi bisa memberikan nilai artistik, histori atau kenanangan terhadap tamu yang memungkinkan tamu tersebut akan kembali lagi ke restoran kita.
Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat kalian yang ingin berkarir di bidang perhotelan dan kapal pesiar terutama jika kalian ingin memilih departemen Food and beverage Service.-Selesai
2 Comments
Leave your reply.