NCL Madiun, Agustus 2020 – Siapa sih yang tidak ingin punya pekerjaan dengan jenjang karir yang pasti? Dalam hal ini, kebetulan saya sebagai penulis mencoba berbagi pemikiran berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah lumayan lama berkecimpung dalam dunia kerja. Mulai dari yang amatir sampai profesional, di dalam dan luar negeri, dari upah harian sampai kontrak tahunan, mulai dari kuli bangunan sampai kepala cabang. Buset! baru sadar ternyata hampir semua jenjang karir sudah pernah dilewati ya. Anyway, itulah proses bro n’ sis. Artinya, sebuah jenjang karir memang dimulai dari level paling bawah. Artinya, saya pun pernah mengalami nasib sebagai pengangguran. Serius! Kok pengangguran sih, ya karena pengangguran itu kan juga jenjang, apakah menjadi pengangguran salah, tentu tidak, selama masih produktif. Ini muatan sedikit aja ya. Menjadi pengangguran, dalam artina belum berpenghasilan karena masih memperdalam ilmu alias belajar, saya kira pantas dimasukan jenjang karir, karena itu juga bagian dari proses. Yah, itu sih pendapat saya, andaikan ada yang punya pendapat lain, ya sah sah aja. Namanya juga pendapat. Okelah, daripada kita debat kusir soal ini, langsung aja ke topik utama soal 5 jurus andalan untuk menaikan jenjang karir bidang perhotelan ya. Semoga bermanfaat.
PERFECT ENGLISH
Bahasa inggris adalah bahasa internasional. Yah, anak kelas 4 SD juga udah tau itu boss! Ya kalau sudah tau, harusnya paham kan kalau di bidang perhotelan, kebanyakan kita akan dihadapkan dengan bahasa inggris. Kalau sudah begitu, maka suka tidak suka, mau tidak mau, ya mesti belajar bahasa inggris. Menghindari bahasa inggris dengan alih-alih ingin bekerja di dalam negeri aja bukanlah alasan yang bisa diterima, karena di dalam negeri pun, kita dituntut untuk bisa berbahasa inggris. Sederhananya begini, jika sudah niat mengambil peluang di jalur perhotelan, maka harus belajar bahasa inggris.
Pilihan yang ada hanyalah belajar atau meningkatkan, tidak ada pilihan mundur apalagi jalan di tempat. Serius! Kadang-kadang memang saya harus memberikan penegasan seperti ini, supaya mindset ini bisa masuk dan diterima serta bisa diterapkan terutama jika memang ingin memiliki salah satu dari 5 jurus andalan untuk menunjang percepatan karir. Lagipula, daripada menghabiskan waktu untuk beralasan, lebih baik berpikir bagaiamana caranya bisa belajar bahasa inggris, atau mempercepat bahasa inggris, atau melancarkan bahasa inggris. Bangun kepercayaan diri, jangan takut mencoba, sering praktek. Saya yakin semuanya pasti bisa. Trust Me!
MASTERING PRODUCT KNOWLEDGE
Kita bekerja di hotel, tapi tidak tau di hotel tempat kerja kita ada fasilitas dan layanan apa saja. Atau kita kerja di hotel dan pas ada tamu yang nanya tentang password wi-fi, kita jawab, “silahkan tanya ke front office”, lucu ga sih? Ada yang aneh ndak? Ada yang merasa tidak sebagaimana mestinya tidak? Bahkan sekalipun kita masih berstatus sebagai karyawan magang, setidaknya lebih dari 50% atau setengah dari Product Knowledge yang ada di hotel tempat kita magang harus kita ketahui. Mangkanya tidak heran dalam sesi wawancara, terkadang bagian personalia suka memberikan pertanyaan, “apa yang kamu ketahui tentang hotel kami”.
BACA JUGA : 8 HAL SUPER KEREN UNTUKMU YANG BEKERJA DI KAPAL PESIAR
Bro n Sis, mengetahui macam layanan dan fasilitas yang ada di hotel tempat kita kerja sangat-sangat-sangat-sangaaaattttttttttttt penting. Kita tidak akan pernah tau, ada seorang Manager, Staff Pengawas atau orang yang punya pengaruh, tiba-tiba menyamar menjadi tamu dan menguji kita tentang Product Knowledge kita. Syukur kalau sudah hapal apalagi tau sampai detail-detailnya, cakep! Dengan tidak memilah dan memilih, Mastering Product Knowledge ini memang jadi jurus andalan yang sangat sayang diabaikan begitu saja.
GOOD GROOMING
Yes! Sederhana but so powerfull! Inilah pengaruh Grooming untuk memperbesar peluang kita untuk menaiki jenjang karir. Seandainya ada diantara kita yang merasa udah kerja di hotel, bertahun-tahun, tapi masih belum di promosikan naik jabatan, cek dulu, jangan-jangan kita gak pernah kasih nutrisi buat penataan rambut kita.
Keramas sih rutin, tapi tidak pernah pakai minyak rambut atau pengkilap rambut, sehingga kesannya rambutnya gersang. Atau jangan-jangan, saking percaya dirinya kita, kita tidak pernah menggunakan wewangian badan. Pokoknya cek deh, mulai dari atas sampai bawah, apakah cara berpenampilan kita sudah layak disebut sebagai insan perhotelan. Karena memiliki cara berpenampilan yang baik atau Good Grooming ini seperti yang sudah sempat disinggung di awal kalimat, yes it’s simple, but it’s also powerfull!
WARMEST GREETING
Pernah dengar yang namanya Guest Comment Card tidak? Buat yang baru pertama kali membaca artikel ini, atau masih berencana mengambil jenjang karir di dunia perhotelan, Guest Comment Card adalah sebuah kartu dari tamu yang isinya berisi testimoni kepuasan dari pelayanan kita.
Saya sendiri ketika masih aktif bekerja di perusahaan Kapal pesiar Norwegian Epic sering mendapatkan Guest Comment Card yang isinya sebenarnya sangat sederhana, “thank you for your genuine smile, we love it so much! it bring lot of joy in our vacation” tapi boleh percaya boleh tidak, cuma gara-gara hal sesederhana itu, saya pernah menyabet prestasi sebagai the best crew of the month! Jadi serius bro n sis, warmest greeting ini adalah sesuatu yang benar-benar bisa kamu andalkan buat memperbesar peluang untuk menaikan jenjang karir kamu, more faster!
BACA JUGA : BELAJAR ILMU MANAJEMEN VERSI ORANG PERHOTELAN
POSITIVE ATTITUDE
Jika saya tidak benar, ya kalau tidak salah pasti kan benar, jadi jika saya tidak benar itu artinya kalau saya salah tolong dikoreksi ya. Pernah membuat artikel yang isinya tentang bagaimana mengelola emosi di sepanjang waktu dan jam kerja di dunia perhotelan. Misalnya, banyak masalah di rumah, sampai di tempat kerja udah kena semprot sama supervisor, udah gitu ketemu mantan gandengan sama teman kerja kita. Kan bisa jadi ambyar tuh mood kita.
BACA JUGA : “SUDAHLAH, GAK USAH PAKAI BANYAK TEORI…” KATA ALUMNI INI
Pertanyaan saya, apakah tamu peduli dengan itu semua? Saya kira tidak, tamu tidak peduli sama masalah kamu dirumah, tidak peduli apakah kamu habis kena semprot supervisor dan tamu juga tidak peduli sama cinta segitiga di tempat kerja kamu. Tamu hanya peduli pada hak layanan yang harus dia dapatkan dari kamu, apapun kondisinya. Oleh karena itu, Positive Attitude harus kita miliki. Betapapun keadaannya, hati harus tetap dingin, wajah harus tersenyum ceria dan sikap harus tetap hangat bersahabat. No Excuse! Jadi penting, penting banget malahan bagi kita bisa menguasai jurus andalan yang satu ini. Tetap berpikir, bertindak, berbicara juga bersikap dengan positif! – Selesai
Author : @pakdheho
Leave a Reply
Your email is safe with us.